Menu Close

Lezatnya 7 Makanan Khas Bali yang Populer Ini

Makanan khas Bali terkenal akan cita rasanya yang unik. Berlibur ke Bali, Anda bisa berkunjung ke pantai, air terjun, pedesaan, atau tempat menjual oleh-oleh.

Namun, kalau Anda berlibur ke pulau Dewata, belum lengkap jika tidak berwisata kuliner. Penasaran menu apa saja yang jadi rekomendasi kali ini? Berikut adalah beberapa hidangan yang bisa Anda cicipi saat main ke Bali.

  1. Nasi Jinggo

Salah satu makanan khas Bali yang tak boleh sampai dilewatkan pastinya adalah Nasi Jinggo. Hidangan ini disajikan dengan pembungkus berupa daun pisang.

Nasi Jinggo #JelajahTengah
source gambar : yummy.co.id

Tampilannya berbentuk kerucut memanjang. Nasi jinggo banyak disajikan dengan menu pelengkap lainnya.

Ada daging, mie, sambal goreng tempe, serta sambal. Rasanya dijamin bikin Anda ketagihan. Porsi nasi jinggo juga biasanya tidak terlalu banyak, jadi Anda bisa menyantapnya bersama menu lainnya.

  1. Sate Lilit

Anda barangkali sudah familiar dengan makanan khas Bali satu ini. Sate lilit adalah salah satu olahan daging ikan maupun ayam.

Cara penyajiannya sangat unik karena dililitkan pada tusuk sate. Karena sebelumnya daging telah dibumbui, hidangan ini tidak disajikan bumbu kacang. Meski demikian, rasanya tetap gurih. Dengan cita rasa rempah yang khas.

  1. Sate Penyu

Makanan non halal satu ini walau memiliki nama sate penyu, namun tak terbuat dari bahan daging penyu. Melainkan hidangan ini terbuat dari daging babi.

Dimasak dengan bumbu cabai serta sedikit garam, sate telah siap dibakar lalu disajikan. Anda bisa menyantapnya bersama nasi hangat dan hidangan pelengkap lainnya.

  1. Sate Pentul

Nyaris mirip dengan menu sate lilit, sate pentul pun cara penyajiannya dengan cara dililitkan pada tusuk sate. Namun, hal yang jadi pembeda antara keduanya yakni, pada sate pentul memakai tusuk sate dari bahan batang serai.

Alih-alih menggunakan tusuk sate dari bahan kayu atau bambu. Batang serai justru memberi aroma tersendiri pada hidangan satu ini. Anda wajib mencobanya. Apalagi kalau Anda berkunjung ke Bali bersama keluarga.

  1. Ayam Betutu

Makanan khas Bali satu ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan. Bagaimana tidak, rasanya benar-benar lezat. Hal ini berkat ayam betutu yang dihidangkan bersama dengan bumbu base genep.

Base genep di dalamnya terdapat terasi, kemiri, bawang, jahe, lengkuas, kunir, kencur, serai, cabai, serta daun salam. Tak heran ya, kalau cita rasanya melegenda. Bahkan selalu diburu para wisatawan saat berlibur ke Pulau Dewata.

  1. Bebek Betutu

Selain ayam betutu, ada juga varian hidangan lain yang juga menggunakan bumbu base genep, yakni bebek betutu. bebek Betutu pun menjadi hidangan yang tak boleh Anda lewatkan.

Dalam penyajiannya, masakan bebek betutu ini akan ditambahkan dengan sambal matah. Rasanya merupakan paduan pedas, lezat, sekaligus segar. Sekali mencicipi, Anda akan ingin tambah lagi.

  1. Bebek Bengil

Bebek bengil pun menjadi salah satu hidangan khas dari Pulau Dewata. Makanan ini mirip dengan olahan bebek pada umumnya.

Anda akan menemukan daging bebek yang digoreng dengan rasa gurih. Tiap gigitan, Anda akan merasakan paduan rempah rempah yang lezat. Apalagi kalau disantap bersama nasi hangat. Wah, rasanya sepiring belum cukup.

Itu tadi 7 rekomendasi masakan khas Bali. Selain terkenal akan panorama pantainya yang memukau, daerah ini juga memiliki wisata kuliner yang sangat menggoda.

Jangan lupa untuk memasukkan 7 menu di atas dalam daftar kuliner yang wajib Anda cicipi, ya. Selamat menikmati momen liburan bersama orang-orang terdekat Anda, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *