Menu Close

Jenis Mainan Anak Sesuai dengan Usia Si Anak

Jenis Mainan Anak Sesuai dengan Usia Si Anak. Mainan ini merupakan produk untuk hiburan dan edukasi, khusus untuk anak-anak. sekarang ini, banyak produk mainan yang didesain dengan menarik dan edukatif sehingga membantu anak dalam proses pembelajaran, terutama perkembangan kemampuan motorik. Pada umumnya, berbagai produk mainan yang tersebar dipasaran adalah mainan karakter dan mainan peran, seperti pistol mainan dan salon mainan.

Selain itu terdapat juga mainan edukatif, seperti puzzle, balok, ring, boneka tangan, mainan susun, mainan alfabet, dan sebagainya. Saat membeli mainan yang cukup rumit, biasanya sudah tercantum cara pemakaian dibagain kemasannya. Mainan anak harus disesuaikan dengan umur pada anak dan terbuat dari bahan yang aman, lembut, tetapi juga kokoh.

Mainan anak sebenarnya dapat dimainkan sejak anak berusia nol bulan hingga usia lebih dari empat tahun atau prasekolah. Akan tetapi, perlu diingat bahwa terdapat berbagai jenis mainan yang memiliki ciri dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat usia pada anak. Anak yang masih berusia nol bulan hingga dua belas bulan, hanya dapat memainkan mainan boneka tangan dengan bahan dari kain yang lembut dan tidak mengandung terlalu banyak bulu.

Selain itu, juga dapat memainkan ring donat yang disusun dan kerincing lunak dari silikon. Anak pada usia ini lebih sesuai diberikan mainan anak yang berwarna-warni dan terang, lembut, dan mengeluarkan bunyi-bunyian. Untuk anak usia satu hingga lebih dari empat tahun, dapat diberikan mainan peran dan edukatif, seperti mobil mainan, salon mainan, pistol mainan, dan berbagai jenis mainan karakter kartun. Sedangkan untuk mainan edukatif, anak dapat diberikan mainan yang menunjang kemampuan kognitifnya.

Mainan anak jenis ini biasanya membahas tentang berbagai huruf dan angka. Mainan edukatif juga dapat mengenalkan anak pada berbagai bentuk dan warna, misal dari balok susun, puzzle, dan sebagainya. Selain itu, anak pada usia ini juga telah dapat dikenalkan pada kemampuan berbahasa, bahkan bahasa asing. Salah satu caranya dengan memberikan petunjuk bermain dengan campuran bahasa asing atau dapat juga meletakkan kata asing pada mainan sebagai sebuah nama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *