Menu Close

Cara Menggunakan Kecerdasan Kompetitif untuk Mendapatkan Keuntungan

Cara Menggunakan Kecerdasan Kompetitif untuk Mendapatkan Keuntungan

Menemukan informasi yang Anda perlukan untuk tujuan intelijen kompetitif tidaklah sulit dan dapat memberikan apa yang dibutuhkan organisasi Anda. Ini bisa berarti mengarahkan strategi Anda, menenangkan kecemasan, atau bahkan memberi Anda keunggulan kompetitif Jasa Pendaftaran Merek Dagang Jakarta. Memastikan bahwa Anda memiliki proses untuk memaksimalkan pengumpulan dan memformatnya menjadi bentuk yang dapat digunakan akan memberi Anda kemungkinan ini, dan mengingat untuk berbuat salah di sisi perilaku etis akan menjauhkan Anda dari ranah spionase perusahaan.

Ada beberapa tempat yang berbeda untuk mengumpulkan data tetapi menggunakan mesin pencari dan hanya menggali melalui hasil akan memberi Anda segunung data. Hal yang hebat tentang internet adalah begitu informasinya tersedia, sulit untuk benar-benar mengeluarkan semuanya, karena ia mereplikasi di lokasi yang berbeda di ratusan server setiap hari. Dengan menggali melalui posting blog, email publik, pesan Twitter manajemen atau profil online lainnya, Anda tidak hanya dapat mengumpulkan data masa lalu tetapi juga memantau data ini secara real time. Informasi ini bisa sangat berharga ketika Anda mencoba untuk bersaing di level mana pun. Cara yang bagus untuk memikirkan tentang intelijen kompetitif adalah bahwa itu adalah data pasar terfokus yang Anda coba dapatkan di satu atau lebih perusahaan tempat Anda bersaing. Menggunakan data ini dapat membantu perusahaan Anda membuat keputusan yang memungkinkan Anda terlihat lebih kompetitif, sekaligus melindungi Anda dari tindakan tak terduga yang dilakukan oleh pesaing Anda.

Menggunakan informasi yang tersedia dapat terdiri dari catatan publik dan pencarian online, dan ini dapat memberi Anda petunjuk tentang langkah yang dilakukan pesaing Anda, bahkan jika mereka mencoba melakukannya tanpa sepengetahuan Anda. Di era informasi, sulit untuk tidak meninggalkan petunjuk bagi orang yang menonton. Dengan mempersempit pencarian ke beberapa indikator tertentu, Anda dapat memaksimalkan waktu dan sumber daya perusahaan Anda. Alih-alih mencoba mengetahui segala sesuatu tentang setiap pesaing, gunakan metrik data yang paling berharga untuk situasi Anda dan pantau dan tinjau persaingan Anda secara teratur terhadap nilai-nilai ini. Tujuan dari setiap intelijen kompetitif yang sukses adalah untuk memberi Anda informasi yang dapat ditindaklanjuti sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang tepat.

Meskipun ada banyak informasi, penting untuk memastikan bahwa sumber Anda kredibel atau setidaknya dikuatkan oleh dua atau lebih titik data. Mengandalkan satu sumber informasi itu rumit dan bisa menjadi bumerang jika Anda menganggap itu fakta. Menggunakan seluruh perusahaan Anda dan semua sumber daya yang Anda miliki untuk mengumpulkan data akan memberi Anda banyak poin data untuk menguatkan kecerdasan kompetitif Anda dan meningkatkan efektivitasnya.

Intelijen kompetitif dapat menjadi alat yang berharga jika Anda menggunakannya dengan benar. Ada banyak sekali informasi yang tersedia untuk Anda dan perusahaan Anda, tetapi Anda harus memastikan bahwa informasi tersebut kredibel dan dapat ditindaklanjuti agar bermanfaat. Memiliki tujuan dan menggunakan metrik khusus yang berharga bagi kesuksesan organisasi Anda adalah penggunaan sumber daya terbaik saat mengumpulkan intelijen kompetitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *