Menu Close

5 Paylater Tawarkan Bunga Paling Rendah, Ini Pilihannya!

Bagi para pemula mungkin masih bingung bagaimana cara membedakan pinjaman online cepat cair cukup ktp dengan pay later. Prinsipnya sebenarnya hampir sama saja. Kamu bisa beli atau belanja barang saat ini dan bayarnya di kemudian hari. 

Umumnya pay later memberikan limit yang lebih kecil dibandingkan dengan pinjaman online. Pay later tidak bisa dicairkan atau diuangkan. Sementara pinjaman online bisa dicairkan jika dibutuhkan. Untuk pay later yang memberikan batas waktu pembayaran sampai 30 hari biasanya belum menerapkan bunga alias bunga nol persen. Tetapi, tetap ada biaya admin yang dikenakan kepada pengguna. 

Untuk tenor pinjaman yang lebih panjang barulah dikenakan bunga pinjaman. Disinilah pentingnya memahami perbandingan bunga dari masing-masing pay later. Yuk, kita simak dibawah ini beberapa ulasan pay later yang menawarkan bunga paling rendah. 

Kredivo

Selain menawarkan pinjaman tunai secara online, Kredivo juga menawarkan fitur pembayaran lewat pay later dengan biaya admin 1% saja per bulan. Transaksinya bisa dilakukan secara online maupun offline. Untuk pay later online bisa diakses langsung lewat marketplace dan nanti pilih pembayaran lewat Kredivo dengan skema bayar dalam 30 hari dan 3 bulan.

Untuk pay later offline, tinggal datang ke konter atau merchantnya, lalu transaksi menggunakan scan barcode. Beberapa merchant yang sudah bekerja sama dengan Kredivo seperti McD, IKEA, Electronic City, Erafone dan lain sebagainya.

Kelebihannya, Kredivo punya jaringan merchant yang cukup luas lebih dari +1000 merchant yang di Indonesia termasuk beberapa marketplace besar seperti Tokopedia, JD.ID, Blibli, Bukalapak dan juga Shopee.  

Untuk pay later yang ditawarkan oleh Kredivo kini tenornya menjadi lebih panjang yaitu pilihan tenor 30 hari dan 3 bulan dengan bunga nol persen. Untuk cicilan nol persen ini tidak berlaku untuk pinjaman tunai. Untuk cicilan 6 bulan dan 12 bulannya tetap dikenakan bunga cicilan sebesar 2,6% per bulan. 

Akulaku

Akulaku dikenal sebagai salah satu aplikasi untuk membeli smartphone. Kini Akulaku juga menyediakan skema paylater dengan pilihan tenor yang beragam. Untuk bunga cicilan Akulaku dipatok sebesar 0.9% perhari. 

Cara pendaftarannya cukup mudah dan juga singkat. Tinggal submit data-data dan beberapa persyaratan dokumen, lalu fitur pay later bisa langsung aktif jika sudah disetujui. Salah satu kelebihan Akulaku relatif lebih aman dibandingkan bertransaksi lewat pinjaman ilegal yang belum terdaftar di OJK. 

OVO Pay Later

Pengguna dompet digital Ovo kini bisa juga mengajukan Pay Later. Fitur ini tidak dibuka untuk semua pengguna. Jadi, tetap harus mengajukan langsung lewat aplikasi OVO. Untuk pemula biasanya diberikan limit awal Rp500 ribu. Prosesnya sangat cepat karena sudah terintegrasi dengan dompet digital OVO. 

Untuk bunganya sendiri dipatok sekitar 2,9% per bulan. Saat ini sudah tersedia juga pilihan tenornya tidak hanya 30 hari saja. Namun, sekali lagi bahwa OVO hanya memberikan kepada pengguna yang memang profilnya sesuai dengan yang ditargetkan sebagai pengguna OVO pay later. Biasanya jika sering menggunakan OVO untuk bertransaksi, fitur OVO pay later akan ditawarkan langsung secara otomatis dengan plafon maksimal sampai dengan Rp10 juta.

Gopay Pay Later

Jika dibandingkan dengan dompet digital lainnya, OVO termasuk pay later yang tidak memberikan tenor panjang serta plafon yang tinggi.  Pun biaya per bulannya flat hanya Rp25.000 saja. Untuk plafon pinjamannya pun maksimal Rp500.000 saja. 

Salah satu keuntungannya yang ditawarkan oleh Gopay Pay Later adalah jaringan yang cukup luas terutama di Jabodetabek hampir seluruh merchant punya Gopay. Malahan salah satu yang mengedukasi masyarakat menggunakan dompet digital adalah Gopay lewat Gojeknya. 

Traveloka Pay

Pay later yang termasuk terlambat bergabung adalah Traveloka Pay. Pun saat ini hanya terbatas pada produk-produk Traveloka saja. Meskipun begitu, Traveloka sudah mulai merambah juga lewat beberapa produknya seperti Traveloka Eats. 

Untuk bunga yang ditawarkan oleh Traveloka Pay antara 2.14% sampai dengan 4.78% dengan maksimal plafon Rp50 juta. 

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Traveloka Pay adalah beberapa produk yang memang jadi unggulan Traveloka untuk beli tiket pesawat, booking hotel, pesan tiket kereta api maupun rental mobil ke bandara bisa pakai Traveloka Pay. Bayarnya nanti belakangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *